PENGERTIAN EVALUASI, EVALUASI PEMBELAJARAN, DAN EVALUASI MENURUT PARA AHLI

EVALUASI PEMBELAJARAN


PENGERTIAN EVALUASI

    Pengertian evaluasi dapat dijelaskan secara bahasa maupun secara harfiah. Secara bahasa, evaluasi berasal dari kata bahasa inggris “evaluation” yang artinya penaksiran atau penilaian. Sedangkan secara harfiah, evaluasi adalah proses menentukan nilai untuk suatu hal atau objek berdasarkan acuan tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Evaluasi diadakan untuk mengumpulkan dan mengombinasikan data dengan standar tujuan yang hendak dicapai sehingga dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan.


PENGERTIAN EVALUASI PEMBELAJARAN

    Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan yang sistematis, berkelanjutan dan menyeluruh dalam rangka pengendalian, penjaminan dan penetapan kualitas (nilai dan arti) berbagai komponen pembelajaran berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu sebagai bentuk pertanggungjawaban guru dalam melaksanakan pembelajaran.

PENGERTIAN EVALUASI MENURUT PARA AHLI

1.    Gronlund ( 1975 )
    Evaluasi adalah suatu proses secara  sistematis untuk menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan – tujuan dari pengajaran telah di capai oleh siswa.

2.    Azwar ( 1996 )
    Evaluasi adalah suatu proses yang di lakukan secara teratur serta sistematis pada komparasi antara standar atau kriteria yang sudah di tentukan dengan hasil yang di peroleh. Melalui hasil perbandingan tersebut selanjutnya disusun suatu kesimpulan dan juga  saran pada setiap aktivitas yang ada pada program.

3.    Arikunto ( 2003 )
    Evaluasi  adalah serangkaian kegiatan yang di tujukan untuk mengukur keberhasilan suatu  program pendidikan.

4.    Bloom ( 1971 )
    Evaluasi adalah pengumpulan kenyataan yang disusun secara sistematis untuk menetapkan apakah dalam kenyataan nya terjadi perubahan dalam diri siswa serta menetapkan sejauh mana tingkat perubahan dalam pribadi siswa.

5.    Lehman ( 1990 )
    Berdasarkan pada tujuannya, terdapat pengertian evaluasi sumatif dan juga evaluasi formatif. Evaluasi formatif dinyatakan sebagai upaya untuk memperoleh feedback perbaikan suatu program, sementara itu evaluasi sumatif merupakan upaya dalam menilai manfaat program dan mengambil keputusan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UJI VALIDITAS, RELIABILITAS, DAN DAYA BEDA